Cara Menghidupkan Mobil Yang Lama Tidak Dipakai

Tidak sedikit masyarakat mempunyai mobil tua yang mendekam di garasi selama bertahun-tahun, untuk menghidupkannya maka perlu paham bagaimana cara menghidupkan mobil yang lama tidak dipakai. untuk menghidupkannya lagi tentu bukan persoalan mudah. Apalagi jika itu berhubungan dengan mesin. Pemeriksaan secara lengkap dan detail sangat perlu dilakukan untuk membangkitkannya kembali.

Sebelum sahabat melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada mobil tua di garasi rumah maka persiapkan beberapa peralatan penting semisal obeng, kunci pas dan lainnya. Kemudian siap diri untuk meluangkan waktu yang lama untuk servis kendaraan sendiri.

Cara Menghidupkan Mobil Yang Lama Tidak Dipakai


Cara Menghidupkan Mobil Yang Sudah Lama Tak Dipakai

Apabila sobat otomotif tahu tips mengatasi mobil tidak dipakai lama maka bisa membuat mesinnya bekerja dan dapat dibawa perjalanan dan bahkan untuk mudik dengan jarak jauh lho ! bagaimana cara memperbaiki mobil keadaan seperti ini, yuk kita ulas bareng-bareng.

1.Berikan Pelumas Mesin

Pada umumnya mobil tua yang mangkrak di garasi mempunyai mesin yang kering, kurang atau perlu diganti karena sudah kotor dan terlalu lama mengendap. Jika oli mesin tidak diganti sekian lama maka komponen mesin menjadi kering, berkarat dan tidak mulus lagi ketika bekerja karena gesekan yang kasar antar komponen.

Pada cara yang pertama ini maka ambil oli pelumas yang kekentalan sesuai dengan jenis kendaraan dan jumlah tepat untuk dituangkan ke dalam mesin sehingga komponen-komponen mesin terlumasi dengan baik, sangat disarankan supaya Anda menguras terlebih dahulu oli dalam mesin dan membersihkan dengan alat dan cairan khusus supaya kotoran, kerak dan debu bisa luntur, dan fokuskan pembersihan pada area ruang pembakaran atau silinder.

2. Perbaiki Sistem Kelistrikan Mobil

Tips memperbaiki mobil yang lama tak dipakai berikutnya ialah dengan mengecek sistem kelistrikan dalam mobil tua sobat, kita ketahui bersama apabila sistem kelistrikan mobil rusak maka mobil tidak bisa menyala. 



Awali dengan mengecek komponen accu atau aki mobil, periksa dengan voltmeter atau cara lain untuk mengetahui kondisi sumber arus tegangan dari accu. Secara umum aki yang lama tidak dipakai akan rusak atau kehilangan energi. Cara memperbaik aki yang drop atau rusak bisa diterapkan dengan langkah-langkah yang sudah kami terangkan di blog modifikasimotor.ga ini.

3. Memperbaiki Kebocoran Mesin

Mobil bekas atau tua yang mendekam lama di garasi maka mempunyai resiko kebocoran yang cukup tinggi, kenapa ? karena dalam mesin itu ada sill, klep, sambungan atau yang lainnya terbuat dari bahan yang mudah berubah dalam waktu yang lama.

Tanda pertama terjadi kebocoran yakni ditemukannya tetesan oli dari mesin, meskipun tetesan oli mesin itu sedikit tetap harus diperbaiki ya. Kemudian, apabila kebocoran terjadi pada ruang pembakaran maka akan ditemukan warna asap yang hitam pekat dan bau menyengat dari knalpot.

4.Setting Ulang Timing Belt

Timing belt atau sabuk waktu pada mesin mempunyai peranan penting dalam cara menghidupkan mobil yang lama tidak dipakai, timing belt mempunyai fungsi mengatur penyalur tenaga dari mesin. Apabila pengaturan timing belt salah atau komponen ini rusak maka kendaraan roda empat susah untuk menyala.

0 Response to "Cara Menghidupkan Mobil Yang Lama Tidak Dipakai"

Post a Comment