Cara Membuat Cetakan Fiberglass Body Motor

Bikers yang sudah fanatik pada tunggangannya harus paham cara membuat cetakan fiberglass body motor supaya dapat mengerjakan modifikasi yang unik dan keren pastinya. Fiberglass atau dalam bahasa Indonesia disebut kaca serat atau serat gelas merupajan kaca cair mempunyai lapisan semacam serat tipis dengan garis tengah dengan ukuran yang sangat kecil yakni, 0,005 milimeter sampai 0,01 milimeter.

Serat ini dibuat sebagai benang yang dirubah lagi menjadi resin yang merupakan bahan baku pembuatan body motor, kapal, mobil dan lainnya karena mempunyai struktur yang kokoh, awet dan tidak mudah terkorosi.

Cara Membuat Cetakan Fiberglass Body Motor


Sekarang kita berbagi tips membuat cetakan fiberglass body sepeda motor sehingga sesuai dengan keinginan Anda akan bentuk motor yang gagah dan perkasa. Bahkan Anda bisa menuangkan ide yang terlintas di benak atau meniru desain body motor terbaik yang ada di dunia maya.

Tahapan Cara Membuat Cetakan Fiberglass Body Motor

Cara membuat cetakan patung fiberglass tergolong pekerjaan yang tidak mudah, namun masih bisa dikerjakan sendiri di rumah asalkan ada kemauan dan mau meluangkan waktu yang lama.

1. Ingat bahwa cetakan fiberglass untuk body motor ini bisa dibuat dari tanah liat khusus, karton dan silikon. Oke kita sekarang memakai tanah liah khusus yang berwarna abu-abu, dan ingat ya bukan tanah liat untuk pembuatan keramik.

2. Apabila Anda sudah membentuk model cetakan fiberglass maka posisikan dimanakah belahan model supaya nanti setelah proses pencetakan mudah untuk melepaskannya dari model. Apabila sobat salah meletakkan belahan pada bagian model maka bisa menghalangi cetakan dengan akibat hasilnya rusak.

Anda bisa membuat posisi belahan cetakan fiberglass dengan memakai lilin plastisin dan sebagainya, pokoknya nanti hasil cetakan tidak menempel. Apabila Anda sudah menetapkan belahan maka segera bikin mold.



3. Membuat cetakan cetakan patung fiberglass itu ada 2 lapisan yakni silicone rubber (lapisan lentur) dan serat fiber (lapisan keras). Prinsip cetakan patung berbahan fiber dan serat dioleskan untuk membuat lapisan-lapisan model, supaya Anda mendapatkan body motor dari fiberglass yang detail dan akurat dapat memakai silicone rubber dan bisa juga cairan semacam karet untuk lapisan pertama, apabila lapisan karet sudah selesai dibuat maka lapisi lagi dengan cairan serat fiber yang akan menjadi cetakan body fiberglass body sepeda motor.

4. setelah Anda menutup semua bagian cetakan maka segera tempelkan kedua cetakan, lebih baik memakai baut supaya kuat, tidak mudah bergeser dan mudah dilepaskan nanti setelah proses pencetakan. Karena jika cetakan mudah bergeser maka hasil body sepeda motor dari fiberglass tidak detail.

5. Apabila kawan sudah memasang baut pada belahan yang ditempelkan tadi, maka buka baut untuk melepaskan bagian cetakan-cetakan model supaya Anda bisa membersihkannya, karena jika ada kotor akan memperburuk hasilnya, oke sekarang sahabat riders sudah bisa memulai proses cetak.

Oke sekian ulasan cara membuat cetakan fiberglass body sepeda motor yang bisa dikerjakan sendiri, dan ada tambahan proses cetak patung fiber dapat menerapkan teknik cetak penuh dan teknik cetak kopong.

0 Response to "Cara Membuat Cetakan Fiberglass Body Motor"

Post a Comment