Cara Merakit Power Amplifier Mobil 1000 Watt

Pernahkan merasa sound system pada mobil Anda kurang bertenaga atau suaranya tidak bagus ? Jika iya, seharusnya Anda mengaplikasikan cara merakit power amplifier mobil 1000 watt untuk mendapatkan letupan suara yang menggelegar di dalam kabin. Bosan dan jenuh jika berkendara dalam keadaan sepi, apalagi berkendara di malam hari sedangkan penumpang dalam keadaan tidur. Oleh karena itu tidak sedikit supir yang ingin power amplifier pada mobil lebih menyenangkan.

Kami share skema, rangkaian atau sirkuit power amplifier 1000 watt dengan metode satu saluran dan jika sobat ingin membuat suara stereo terdengar maka harus membuat satu lagi. Sebenarnya power amplifier ini lebih cocok di gunakan untuk Sound System di luar ruangan, namun jika digunakan untuk mobil akan berkurang sedikit kemampuannya.

Cara Merakit Power Amplifier Mobil 1000 Watt


Cara Merakit Power Amplifier Mobil 1000 Watt

Mungkin kita pernah melihat atau bahkan memiliki speaker aktif dengan stiker di belakang bodi bertuliskan 1000 watt PM PO atau Puncak Music Power Output, dan ketika dirasakan output suara dari speaker tidak begitu ganas. Sebenarnya ini bukan kesalahan dari pabrikan Power Amplifier Speaker Active namun karena persepsi kita yang salah.

Speaker Aktif 1000 watt sebenarnya di dalam power amplifiernya ditemukan daya lebih dari 200 watt dan memakai transformator 3 Ampere atau maksimal 5 ampere. Sehingga kita simpulkan PM PO bukanlah daya nyata yang dikeluarkan oleh Power Amplifier, akan tetapi perhitungan dari semua daya yang dikeluarkan oleh speaker, contohnya : apabila rangkaian ada 4 buah speaker di setiap channel dan masing-masing speaker berkekuatan 20 W maka PM PO nya adalah 100 Watt.

Sedangkan skema rangakaian Power Amplifier 1000 Watt yang kami share menggunakan sumber listrik atau accu dengan arus 20 Ampere dan membutuhkan tegangan DC sebesar 63 volt. Anda bisa mengira bahwa dengan arus dan tegangan sebesar ini maka suara yang dikeluarkan oleh speaker akan menggelegar dan detuman bass begitu teras pada speaker woofer Anda.

Contoh apabila ingin membuat Power Amplifier daya 1000 watt = Jumlah speaker 10 buah dan masing-masing mempunyai daya 100 Watt maka akan dihasilkan daya maksimal = 100 x 10 = 1000 Watt. 

Silahkan melihat contoh rangkaian amplifier mobil 1000 watt berikut ini :

Skema Rangkaian Power Amplifier Mobil 1000 Watt


Anda mungkin bertanya tegangan dari accu mobil pada umumnya adalah 12Volt DC, bagaimanakah cara mendapatkan tegangan 63 volt ? cara mengatasinya adalah Anda membuat rangkaian inverter untuk merubah 12 Volt DC ke tegangan simetris ± 63 Volt DC. Sedangkan untuk arus atau ampere listrik sudah tercukupi dari accu mobil, semisal aki NS40 Toyota Avanza mempunyai sumber arus listrik 32 ampere.

Kami menyiasati supaya speaker mengeluarkan suara yang bagus dan speaker tetap awet maka Power Amplifier mobil 1000 Watt harus berpasangan Speaker Protector.




Cara merakit power amplifier mobil 1000 watt ini memang cukup rumit tetapi tetap bisa dikerjakan karena menggunakan 5 buah transistor 2SA1216, 5 buah 2SC2922 dan 1 buah 2SC1583. Transistor ini berfungsi sebgai penguat diferensial.

Anda bisa mendapatkan suara yang mantap dari speaker dengan menggunakan teknik sambungan atau hubungan seri paralel, Anda menghubungkan beberapa speaker dengan impedansi yang sama semisal untuk Woofer, middle dan tweeter.

0 Response to "Cara Merakit Power Amplifier Mobil 1000 Watt"

Post a Comment