Cara Hemat Bbm Mobil Matic Yang Gampang

Sahabat perlu tahu cara hemat bbm mobil matic yang mudah dan efektif karena sepertinya harga bahan bakar mesin di Indonesia akan terus melonjak di masa mendatang untuk menyelamatkan pengeluaran bulanan keluarga. Mobil yang kita kendarai dalam setiap hari bisa menempuh jarak ratusan kilometer yang berarti Anda mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk kebutuhan BBM, dan jika dihitung dalam sebulan maka anggaran pembelian bbm bisa tembus di atas 2 juta rupiah !

Apabila Anda bisa menerapakan tips menghemat bbm mobil matic yang gampang maka dalam sebulan kawan bisa berhemat hingga jutaan rupiah lho ! pengen tahu caranya, yuk kita ulas bersama yach !

Cara Hemat Bbm Mobil Matic


1. Memastikan Tekanan Angin Ban Tepat

Tahukah kawan blog otomotif bahwa tekanan angin ban yang tepat merupakan cara menghemat BBM mobil matik yang mudah, bahkan bisa irit sampai 3%. Tekanan angin ban akan terus berkurang setiap waktu dan dalam sebulan angin ban kehilangan 1 PSI dan terutama pada saat musim hujan atau keadaan ban dingin.

Kami menganjurkan supaya Anda memeriksa tekanan ban paling tidak 1 bulan sekali dan lebih baik lagi 1 minggu sekali. Dan sekarang banyak SPBU yang menyediakan kompresor udara otomatis yang bisa Anda gunakan secara gratis.

2. Tune up Mesin Mobil Matic Secara Berkala

Sebuah mesin yang sering tune up atau servis ringan akan memaksimalkan daya dan dapat meningkatkan efisiensi BBM. Namun Anda harus hati-hati, karena sekarang banyak tuner mobil matik yang tidak mengedepankan efisiensi penggunaan BBM ketika Tune Up.

Anda memastikan busi dalam keadaan baik dalam mesin, mengganti oli pada waktu atau jarak tempuh yang sesuai, memerikasa filter udara dan membersihkannya ketika terlihat kotor dan lainnya.



3. Memeriksa Kondisi Filter Udara Mesin

Filter udara pada mesin mudah sekali kotor dan ketika sudah kotoran mengendap pada filter bakal mengurangi efisiensi BBM, ibarat mesin penyedot debu yang sudah sangat kotor maka daya hisapnya akan berkurang karena ada sumbatan.

4. Mengganti Filter Bahan Bakar Mesin

Tips menghemat bbm mobil matic selanjutnya ialah mengganti filter BBM tepat pada jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil matik Anda, hal ini sangat efektif dalam meningkatkan efisiensi mesin.

5. Kurangi Muatan Yang Tidak Berguna

Cara hemat bbm mobil matic yang gampang adalah dengan mengurangi muatan di kendaraan roda 4 Anda sehingga beban lebih ringan. Mobil dalam keadaan berat bakal membuat energi kinetik menjadi berkurang. Pada umumnya ada barang-barang yang menumpuk pada bagasi mobil yang bisa dikurangi karena tidak begitu berguna semisal koper berisi dokumen kerja yang sudah lama tidak dipakai, peralatan piknik yang tidak dipakai karena sudah lewat masa liburan dan lainnya.

0 Response to "Cara Hemat Bbm Mobil Matic Yang Gampang"

Post a Comment