Tata Cara dan Trik Mencuci Mobil yang Benar

Mencuci mobil adalah salah satu cara untuk terus menjaga dan merawat kondisi mobil. Mobil yang kotor pastinya akan membuat mobil kita tidak enak dipandang. Biasanya, para pemilik mobil mencuci mobilnya di tempat pencucian/steam mobil yang saat ini sudah marak kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Akan tetapi, sebenarnya mereka juga bisa mencuci mobil mereka sendiri di rumah dengan baik dan benar. Tentu juga sama bersihnya seperti mencuci di tempat pencucian/steam mobil.

Mencuci mobil yang baik dan benar pun bisa Anda lakukan di rumah. Tata cara mencuci mobil yang baik dan benar pun cukup mudah. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan pun gampang untuk didapatkan.
Mencuci mobil sendiri di rumah pun dapat membuat kita mengetahui bagian-bagian mobil kita yang sebenarnya memerlukan pembersihan secara khusus.


Kegiatan membersihkan mobil sendiri di rumah cukup menyenangkan, bisa dimanfaatkan dalam mengisi waktu liburan bersama pasangan atau anak-anak. Laksanakan tata cara mencuci mobil yang benar berikut agar diperoleh hasil yang maksimal:
  • Tutup dulu jendela serta pintu mobil Anda dengan rapat. Pastikan ketika mencuci mobil, sinar matahari sedang tidak terik.
  • Semprot air dari selang ke tubuh mobil untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Pastikan Anda menyemprot ke seluruh bagian tubuh mobil agar tak ada kotoran/debu yang masih menempel.
  • Campurkan pembersih/deterjen khusus mobil beserta wax ke dalam satu ember air. Campuran tersebut akan berguna sebagai sabun pembersih untuk mobil Anda. Pastikan juga Anda tidak menggunakan deterjen yang bukan untuk mobil karena akan merusak cat mobil.
  • Gunakan spon bersih, lalu masukkan ke dalam air campuran deterjen kemudian gunakan untuk menggosok dan membersihkan mobil. Menggosok mobil dengan spon sebaiknya dimulai dari sisi atas tubuh mobil.
  • Bersihkan dan gosokan seluruh bagian tubuh mobil. Selain itu, pastikan juga deterjen/sabun yang menempel di tubuh mobil tidak kering.
  • Setelah seluruh bagian tubuh mobil selesai disabuni, bersihkan dengan semprotan air dari selang. Pastikan seluruh bagian mobil tersemprot dan bersih dari sabun.
  • Lap mobil menggunakan lap yang bersih serta tak berbulu seperti kanebo. Pastikan seluruh bagian mobil dilap hingga kering.
  • Untuk membersihkan bagian dalam mobil seperti interior/dashboard, cukup menggunakan lap/spon yang diberi sedikit air sabun. Gosokkan ke seluruh bagian, kemudian lap kembali dengan kanebo hingga kering.
  • Untuk bagian mesin, gunakanlah sikat yang tidak kasar, celupkan ke air sabun kemudian gosokkan ke bagian yang kotor. Untuk membilasnya, cukup gunakan lap yang sudah dibasuh air hingga kering dan bersih.
  • Sementara yang terakhir membersihkan bagian ban. Yakni dengan cara mengunakan sikat sabut yang dicampur sabun, kemudian gosokkan ke bagian ban. Setelah itu gosokan ban dengan menggunakan lap yang diberi cairan pengkilap ban agar ban bersih dan mengkilap.
Itulah tata cara mencuci mobil dengan baik dan benar, semoga dapat membuat Anda menjadi semakin bersemangat menjaga kebersihan dan kecermerlangan mobil sendiri. Karena bisa membuat mobil lebih enak dipandang dan nyaman digunakan.

0 Response to "Tata Cara dan Trik Mencuci Mobil yang Benar"

Post a Comment