Supaya Irit Bensin, Ini Caranya Setel Angin Karburator Mobil

Karburator adalah komponen yang sangat penting dalam mobil yang kita miliki. Tugas utama karburator sendiri adalah untuk mencampur bahan bakar/bensin dengan udara. Walau saat ini, produk mobil yang menggunakan karburator sudah mulai sedikit karena biasanya saat ini mobil-mobil sudah memakai teknologi injeksi yang dianggap lebih irit, praktis, dan efisien. Akan tetapi, banyak juga pengguna mobil yang tetap memilih menggunakan mobil dengan karburator karena dianggap lebih mudah dalam hal perawatan.

Memang sebagai salah satu komponen yang penting dalam sebuah mobil, karburator harus selalu dirawat karena akan sangat berkaitan dengan performa mobil. Karenanya, jika karburator mobil sudah mulai bekerja tidak maksimal, Anda bisa menyetel ulang karburatornya.


Sewaktu disetel ulang kita juga bisa mencari perbandingan udara dan bensin yang tepat agar bisa memperpajang usia mobil. Setel angin karburator mobil sebenarnya tidaklah membutuhkan peralatan khusus dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut lima langkah cara setel angin karburator mobil agar perbandingan udara dan bensin sesuai keinginan:

1. Temukan filter udara pada kap mesin Anda, kemudian buka sekrup-sekrup yang ada dan lepaskan keseluruhan filter udara.

2. Temukan baut pada bagian depan karburator. Biasanya terdapat dua baut, yakni untuk mengatur udara dan mengatur bensin.

3. Nyalakan mesin dan diamkan hingga mencapai suhu normal dengan melihat jarum temperatur.

4. Menyetel karburator yakni dengan menyetel kedua sekrupnya. Anda perlu memutar mereka dengan seimbang dan perlahan sampai menemukan posisi yang pas. Tidak masalah kondisi mesin terlalu kaya atau miskin, putar saja kedua sekrup dalam seperempat putaran berlawanan dangan jarum jam, dan kemudian balas putarannya secara bertahap.

5. Pasang kembali filter udara dan mobil Anda sudah siap digunakan kembali.

Itulah lima tahap cara setel angin karburator mobil yang dapat diusahakan sendiri. Semoga bermanfaat dan teruslah merawat mobil Anda dengan baik.

0 Response to "Supaya Irit Bensin, Ini Caranya Setel Angin Karburator Mobil"

Post a Comment