Lima Cara untuk Mengatasi Asap Knalpot Motor Hitam

Terdapat banyak cara untuk mengatasi asap knalpot motor hitam. Ketika knalpot motor kita mengeluarkan asap berwarna hitam, maka kita sering merasa was-was. Alasannya tentu kita takut ada yang tidak beres dengan motor kita. Entah itu, soal mesin atau komponen lain di dalamnya. Belum lagi asap knalpot motor yang berwarna hitam sangat mengganggu pemandangan dan menyebabkan ketidaknyamanan.


Selain itu, asap hitam yang ditimbulkan juga mengganggu pengendara lain dan juga menyebabkan polusi udara. Ada banyak penyebab motor mengeluarkan asap hitam. Doantaranya adalah perawatan dan cara penggunaan yang buruk dari sang pemakai. Selain itu, asap hitam juga terjadi karena pembakaran pada motor tidak sempurna.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, tentu anda ingin mencari tahu solusinya. Berikut lima cara untuk mengatasi asap knalpot motor hitam:

1. Ganti oli tepat waktu
Ketika pemilik motor telat mengganti oli maka kotoran pada oli yang lama akan tercampur dan akibatnya bisa tergesek dengan dinding piston lalu oli masuk ke ruang pembakaran dan menyebabkan motor mengeluarkan asap hitam. Maka, gantilah oli motor anda secara teratur.

2. Servis secara teratur
Servis secara teratur akan menyebabkan kondisi komponen-komponen pada motor anda akan terjaga dengan baik. Tentu jika komponen dalam motor anda terjaga dengan baik dan diganti secara teratur, knalpot pun tidak akan mengeluarkan asap hitam.

3. Ganti filter udara
Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyerap dan menyaring kotoran sehingga udara yang keluar tetap bersih. Ketika filter sudah terlalu kotor, maka daya kerja tidak lagi maksimal dan udara yang dikeluarkan pun menjadi hitam. Maka gantilah filter udara motor anda jika sudah terlalu kotor.

4. Ganti Busi
Busi yang sudah rusak dapat menjadi penyebab kanlpot motor mengeluarkan asap hitam. Hal itu disebabkan karena busi adalah komponen yang berfungsi untuk pembakaran atau pengapian. Jika busi sudah rusak segeralah ganti, karena jika tidak itu akan menyebabkan pembakaran motor anda menjadi tidak sempurna.

5. Ganti Klep
Jika klep motor anda bocor, maka bahan bakar akan masuk ke ruang pembakaran. Maka hal itu akan menyebabkan keluarnya asap hitam dari knalpot motor anda. Oleh karena itu, servis dengan rutin dan cek kondisi klep motor anda.

Itulah lima cara untuk mengatasi knalpot motor mengeluarkan asap hitam. Semoga bermanfaat untuk Anda para pengguna motor, dan selalu rawat tunggangan kesayangan agar selamat di jalanan!

0 Response to "Lima Cara untuk Mengatasi Asap Knalpot Motor Hitam"

Post a Comment