Cara Memperbaiki Sistem Starter Pada Motor

Capek bila kaki harus terus menggunakan kick starter saat menyalakan sepeda motor, oleh karena itu Anda harus bisa cara memperbaiki sistem starter pada motor dengan mudah dan praktis serta peralatan sederhana. Starter bisa dibilang bagian utama pada motor era modern apalagi sepeda matic yang akan menyusahkan apabila memakai kick starter.

Starter otomatis termasuk salah satu inovasi dalam bidang otomotif yang memberika kemudahan bagi bikers untuk menyalakan mesin, karena dengan kick starter di slah cukup memberikan keringat apalagi mesin tidak kunjung menyala. Akan menjadi permasalahan apabila starter kendaraan roda dua mati atau rusak sehingga Anda akan mendorongnya sampai di tempat tujuan, aduh lelah banget bro !

Cara Memperbaiki Sistem Starter Pada Sepeda Motor


Cara Memperbaiki Sistem Starter Otomatis Pada Sepeda Motor

Hal pertama dalam mengatasi starter yang rusak adalah dengan mengingat-ingat sebelum rusak apakah terdengar suara kasar, atau Anda tidak mendengar sama sekali suara jika menekan tombol starter.

Jika Anda mendapati saat menekan tombol starter tetapi starter sepeda motor starter tidak terdengar atau terlihat berputar atau diam, dapat disimpulkan kerusakan akibat accu yang sudah rusak, lemah, rusak atau soak. Kerusakan starter motor seperti ini juga bisa didapati dari beberapa komponen elektronik yaitu accu, relay starter, motor starter dan rangkaian.

Accu atau Aki

Sobat blog cara memperbaiki motor, untuk mengecek keadaan baterai dengan teliti maka Anda harus menggunakan avo meter atau disebut multimeter. Sambungankan jarum positif dari avo meter pada tegangan positif pada accu dan sebaliknya jarum negatif pada tegangan negatif accu, maka lihat apakah tegangan accu 12 volt atau tidak ? Jika tegangan accu terlalu tinggi atau rendah dari 12 maka terjadi kerusakan pada aki, terapkan cara memperbaik accu sepeda motor.

Rangkaian Starter

Apabila bikers menemukan accu dalam kondisi baik dalam segi tegangannya, harus dilakukan pengecekan pada sistem rangkaian starter. Periksa fisik dari rangkaian starter otomatis dengan mengecek apakah ada tanda gosong atau putuh dari kabel, socket-socket yang lepas atau tidak terhubungan dengan baik.

Anda bisa memakai multimeter dalam mengecek keadaan kabel dan socket, jika ada posisikan multimeter pada pengecekan tahanan (resistor), apabila ditemukan ada tahanan atau hubungan lisitrik mengalir maka dalam kondisi bagus. 



Relay Starter

Relay Starter akan menjadi saklar elektromagnetik yang bertugas sebagai pemutus dan penghubung arus listrik tinggi berasal dari accu ke motor starter. Cara memeriksanya ialah menyambung 2 kabel pada tegangan positif dan negatif aki, apabila Anda mendengar suara "klik" menandakan relay dalam keadaan baik, dan apabila tidak terdengar suara “klik”maka sudah rusak dan harus diganti.

Motor Starter atau dinamo

Motor starter termasuk komponen motor yang awet dan tidak mudah rusak, namun bisa saja rusak karena beberapa penyebab. Anda memakai multimeter untuk mengecek dinamo teknik probe (+) disambungkan ke kabel ke motor starter dan probe (-) disambungkan ke massa. Selanjutnya menekan tombol starter dan jika terjadi arus listrik maka keadaan motor starter rusak atau sudah mati.

Cara memperbaiki sistem starter pada motor untuk kerusakan pada dinamo ini mengganti sikat atau brush jika dtemukan telah aus atau yang kedua adalah terjadi putus pada kumparan. Kalau sikat yang rusak bisa diganti sendiri namun jika kumparan putus maka butuh perbaikan yang cukup rumit dan kami sarankan membawa ke tukang service dinamo.

0 Response to "Cara Memperbaiki Sistem Starter Pada Motor"

Post a Comment