Cara Memperbaiki Accu Kering Motor Soak, Tekor Dan Mati

Kami menemukan fakta bahwa aki sering kali menjadi rusak, soak, mati, tekor atau lemah setelah dipakai 1 tahun sehinnga cara memperbaiki accu kering motor perlu untuk diketahui bersama supaya dapat melakukan perbaikan dengan tangan sendiri rumah, oke bro ! Agar menghemat pengeluaran perawatan kendaraan roda dua kesayangan Anda.

Bisa dibilang accu motor merupakan bagian sepeda motor dengan fungsi terpenting sebagai sumber sistem kelistrikan untuk starter otomatis, bel, lampu dan lainnya. Perlu biker pahami bahwa beredar 2 jenis accu yang diproduksi perusahaan otomotif yaitu accu basah dan accu kering yang biasa disebut sebagai MF Battery. Kebanyakan masyarakat suka dengan MF Battery dikarenakan usia lebih panjang, mudah digunakan dan produksi tegangan listrik lebih baik.

Cara Memperbaiki Accu Kering Motor Soak, Tekor Dan Mati


Tentu sahabat www.modifikasimotor.ga tahu bahwa sepeda motor produksi terbaru atau yang dirilis pada beberapa tahun terakhir menyematkan accu kering untuk sumber energi listrik semisal Honda Beat, CB 150R, Vario, Suzuki Satria FU, Yamaha Mio, Vixion, Jupiter MX dan lainnya.

Cara Memperbaiki Accu Kering Motor Yang Tekor Dan Soak

Jika bikers menemukan starter otomatis atau tombol tidak dapat menyalakan sepeda motor maka segera lakukan permeriksaan karena dimungkinkan accu telah melemah. Dan sebelum mengerjakan cara service accu kering persiapkan peralatan sederhana sebagai berikut :

1. Obeng min dan obeng plus

2. Pisau atau gergaji besi

3. Isolasi yang lebar

4. Air accu atau air zuur

Selanjutkan kerjakan tips perbaiki accu kering yang rusak dan lemah yaitu :

1. Buka jok bagian dalam untuk melepaskan accu kering dan perlu diingat beberapa motor mempunyai letak accu yang berbeda.

2. Pakai pisau atau gergaji untuk membuka penutup aki dengan perlahan-lahan dan cermat, mungkin kawan otomotif menemukan frasa DO NOT OPEN dan inilah yang digergaji pertama kali.



3. Sesudah accu terbuka maka kamu akan nampak 6 lubang dan masukkan air accu Zuur dengan ukuran sekitar 15 mililiter, dan lebih mudah menggunaka suntikan, hati-hati karena jika air zuur membasahi kulit akan terasa sangat gatal.

4. Selanjutnya tutup accu dengan penutup yang dilepas tadi dan tempelkan isolasi secara melingkar dan Anda merasakan aman, jika perlu digunakan lem plastik.



5. Kerjakan pemeriksaan tegangan dan arus listrik pada sel- sel accu kering, dan setiap sel seharusnya memproduksi tegangan sebesar 2 Volt, dan apabila 6 sel total produksi listrik 12 Volt. Anda gunakan avometer atau voltmeter digital motor supaya mudah mengetahui tegangan dan arus accu. 

Jika tidak ada maka gunakan lampu led 12 volt dengan menghubungkan kaki positif dan kaki negatif ke accu, jika menyala terang dan normal maka cara memperbaiki accu kering sepeda motor berhasil dikerjakan.

0 Response to "Cara Memperbaiki Accu Kering Motor Soak, Tekor Dan Mati"

Post a Comment