Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi

Bikers yang antusias tentu selalu mengikuti trend modifikasi dunia otomotif bukan ? Cara membuat kunci rahasia motor injeksi akan kami share supaya teman-teman bisa mengamankan tunggangan kesayangannya dari kejahatan para pencuri alias maling sepeda motor. Utak-atik motor memang sudah menjadi hobi kita sehingga tips kali ini cukup mudah dan cepat untuk diaplikasikan di rumah.

Perlu diketahui sebenarnya motor injeksi itu punya sistem kelistrikan untuk mematikan motor otomatis, jika sistem injeksi yang diterapkan pada sepeda motor itu sistem immobilizer semisal SSS (side stand switch) atau dikenal dengan sebutan engine stop yang dapat disambungkan secara paralel dengan saklar rahasia yang sobat buat.

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi


Pabrikan sepeda motor ternama telah mengeluarkan berbagai macam type injeksi semisal merek atau varian : motor matic honda injeksi yaitu Beat, Vario dan Scopy ataupun Megapro, Tiger, CBR 150R atau 250R. Kunci rahasia pun bisa diadopsikan pada motor Yamaha Vixion, Mio dan Jupiter MX, ataupun Suzuki Satria Fu.

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi

Apabila sepeda motor Anda bukan memakai sistem injeksi dengan immobilizer maka ada cara paling mudah dan praktis dalam memasang kunci tersembunyi yakni dengan memasang saklar sebagai pemutus tegangan yang menuju ECU (Engine Control Unit), denga cara ini maka sistem injeksi otomatis akan berhenti dengan sendirinya.

Dalam memasang saklar rahasia sebagai pemutus tegangan kepada sistem injeksi maka sobat mengambil kabel positif di ECU. Anda bisa melihat cara kerja sistem injeksi motor vixion pada diagram wiring di bawah ini, dan kami rasa untuk beberapa merek dan varian motor injeksi dari Yamaha kemungkinan besar sama warna kabelnya.



Petunjuk warna kabel

Kabel warna cokelat pada motor merek honda pada umumnya menggunakan kabel warna hitam. Sedangkan untuk sepeda motor injeksi lainnya maka sobat bisa memperhatikan berapa warna kabel terdapat pada kelistrikan kunci kontak. Sedangkan warna merah pada kotak adalah kabel yang bersumber dari aki.

Sangat jelas nampak di diagram wiring bahwa aki kabel menggunakan warna merah pada awalnya sekring, setelah itu ke kunci kontak, untuk warna cokelat itu dari kunci kontak ke ECU dan untuk komponen elektronik lainnya bisa dilihat lagi.

Supaya cara membuat kunci rahasia motor injeksi ini aman dari korsleting listrik maka instalasi saklar tambahan kami sarankan memakai saklar dengan arus paling kecil 5A, dan semakin baik bila saklara terkategori waterproof.

Dalam mempraktekkan pembahasan tips otomotif ini kami sarankan untuk meneliti dan cek berulang supaya dapat berhasil mengingat sistem kelistrikan pada motor injeksi tergolong sangat penting.

0 Response to "Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi"

Post a Comment