Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Di Pagi Hari

Bikers pernah tidak mengalami hal ini : Bangun di pagi yang begitu cerah dengan matahari bersinar, udara sejuk dirasakan dan mendengar burung-burung berkicau. Akan tetapi semua itu berubah menjadi pengalaman buruk ketika motor mogok maka pelajarilah cara mengatasi motor susah hidup di pagi hari yang kita ulas pada sesi ini.

Ketika sepeda motor tidak bisa nyala di pagi hari maka Anda mempunyai dua pilihan, pertama melupakan semuanya dan membawanya ke tukang servis di bengkel motor, atau kedua mencoba memperbaiki sepeda motor untuk memastikan apakah penyebab nya ? Dan segera mengatasinya dengan tangan sendiri.

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Di Pagi Hari


Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor

Agar terjadi pembakaran internal dalam mesin sepeda motor harus terpenuhi tiga hal yaitu diisi dengan bahan bakar mesin berkualitas baik, kompresi yang tepat dan percikan api yang dikirim kepada campuran bahan bakar mesin yang udara telah terkompresi pada waktu yang tepat pula. Dengan terpenuhi 3 hal itu maka mesin dapat nyala. Apabila motor Anda telah dilengkapi oleh tombol starter, maka ada tambahan keempat yakni harus terjadi energi listrik yang cukup kuat untuk memutar starter.

Penyebab motor susah hidup di pagi maka terdiri dari 3 atau 4 hal di atas sehingga langkah pemecahan masalah dasar Anda harus memeriksa kondisi sepeda motor dengan alat yang lengkap dan keterampilan.

Cobalah Anda untuk membeli peralatan dasar semisal lampu tes, voltmeter, obeng, kunci pas, amplas dan lainnya supaya dapat memperbaik motor yang mogok. Anggaplah sobat berinvestasi kecil untuk jaga-jaga motor mogok ke depan, tidak perlu banyak dana karena uang 500 ribu rupiah sudah cukup kok !

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Di Pagi Hari

Kami akan share cara memperbaiki motor susah dihidupkan saat pagi hari yang diperoleh dari pengalaman pribadi, kami dahulu punya sepeda motor Honda Grand yang bandel namun beberapa kali mogok sehingga kemungkinan tips ini bermanfaat bagi kawan otomotif.

Awali dengan pertanyaan apakah apakah sahabat bikers menggunakan BBM jenis premium, pertalite atau pertamax yang baik, karena jika ada campuran semisal oli, air dan lainnya maka mesin tidak mau nyala di pagi hari.



Ada sebagian orang mendapati motor susah hidup karena lama tidak dipakai dan ketika diperiksa ternyata penyebab adalah oli mesin yang sudah habis alias kering.

Langkah awal Anda harus memeriksa kondisi busi apakah ada pengapian di sana, caranya adalah dengan mengeluarkan dan melepas kabel ke busi untuk di dekatkan dengan body mesin, kemudian injak kick starter beberapa kali apabila ditemukan ada percikan api atau listrik berwarna biru maka kondisi pelistrikan atau arus listrik ke busi sudah baik, hati-hati ya karena tegangan bisa mencapai 25 ribu volt.

Apabila tidak ditemukan arus listrik atau ada arus listrik tetapi sangat lemah maka ada masalah pada coil, accu motor atau bagian kelistrikan pada sepeda motor, perbaiki hal ini dengan cara yang benar.

Kedua, jika arus listrik sudah baik tetapi mesin mogok maka Anda coba membersihkan busi dari kotoran dan kerak dengan menggunakan amplas halus. Kalau bisa sobat punya busi serep atau cadangan yang baru untuk dicoba.

Apabila mesin nyala maka busi sebelumnya sudah rusak dan apabila mesin tidak bisa nyala dengan busi baru berarti ada masalah pada faktor lain semisal kompresi mesin, kebocoran oli ke ruang pembakaran dan lainnya. Dan berarti Anda harus paham lebih lanjut tentang cara mengatasi motor mogok akibat kompresi yang tidak tepat atau kebocoran pada ruang bahan bakar.

Itulah share penyebab dan cara mengatasi motor sudah hidup di pagi hari yang bisa dikerjakan sendiri oleh sobat untuk mendapatkan hari yang baik untuk pergi ke kantor atau kuliah.

0 Response to "Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Di Pagi Hari"

Post a Comment