Kenali Cara Mengetahui Umur Ban Motor Anda

Ada beberapa cara untuk mengetahui umur ban kita. Ban memang adalah bagian yang sangat penting dalam sepeda motor. Ban yang masih bagus tentu juga membuat performa motor kita juga akan bagus. Sebaliknya, ban yang sudah tua dan gundul akan sangat berbahaya untuk kita. Hal tersebut akan dapat menimbulkan kecelakaan. Karenanya kita perlu mengecek kondisi ban motor kita, termasuk juga usianya.

Karena ban yang sudah tua atau sudah lama haruslah diganti. Ban biasanya hanya kuat hingga berumur 3 sampai 4 tahun. Jika sudah lebih dari 4 tahun, sebaiknya Anda segera mengganti ban Anda dengan ban yang baru. Selain rawan kecelakaan, ban yang sudah lama dan tidak layak juga sangat rawan bocor. Tentu hal tersebut sangat merugikan Anda sebagai pengendara. Maka sebaiknya Anda harus mengetahui umur ban Anda dan menggantinya jika sudah lebih dari 4 tahun. (Baca juga cara mengecek kondisi motor).

Berikut tiga cara untuk mengetahui umur ban motor:

1. Mengecek kode angka ban


Ban motor Anda pastilah memiliki empat digit angka atau kode. Ternyata, empat digit angka tersebut adalah penunjuk kapan dibuatnya ban tersebut. Dua digit angka awal adalah penunjuk minggu keberapa ban itu dibuat. Sedangkan dua digit angka terakhir adalah penunjuk tahun berapa ban itu dibuat. Sehingga kalau sudah tahu begini, Anda sudah bisa menghitung berapa lama ban motor Anda sudah digunakan.


2. Mengecek tanda segitiga
Pada ban motor Anda biasanya terdapat sebuah tanda segitiga atau tanda panah. Tanda tersebut merupakan indikasi atau penunjuk kita melakukan pengecekan ban. Jika ban sudah mulai terkikis dan melewati tanda segitiga tersebut, itu artinya ban Anda sudah berusia lama dan harus segera diganti dengan ban yang baru.

3. Melihat kondisi ban
Jika kondisi ban Anda sudah botak dan terdapat benjolan-benjolan, itu artinya ban Anda sudah lama sekali digunakan dan sudah tidak layak lagi. Jika ban sudah seperti ini maka akan sangat rawan kecelakaan karena berbahaya. Oleh karenanya sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru.

Itulah tiga cara untuk mengetahui umur ban Anda. Semoga dapat membantu Anda dan sebaiknya segeralah cek umur dan kondisi ban motor Anda, agar rider sekalian tetap aman dan nyaman dalam berkendara.

0 Response to "Kenali Cara Mengetahui Umur Ban Motor Anda"

Post a Comment