Cara Mengatasi Bensin Boros pada Motor Agar Hemat

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh pengendara sepeda motor adalah borosnya bensin motor mereka. Sebenarnya banyak cara mengatasi bensin boros pada motor. Salah satunya tentu dengan servis motor secara teratur. Tetapi, sebenarnya borosnya bensin juga bergantung kepada sang pengguna motor. Cara menggunakan motor yang sering kebut-kebutan bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada motor.


Walau saat ini harga bensin kerap turun, tetapi tetap saja jika motor kita boros, pasti akan sangat merugikan kita. Oleh karena itu kita sebagai pengguna juga sadar untuk merawat dan menggunakan motor kita dengan benar. Karena jika motor kita tanpa masalah, tentu kita sebagai pengguna juga mendapatkan keuntungan.
Berikut empat cara mengatasi bensin boros pada motor:

1. Bijak dalam berkendara
Bijak dalam berkendara adalah hal yang sangat penting untuk para pengguna sepeda motor. Karena selain dapat menjaga keselamatan, juga dapat menjaga kualitas motor anda. Diantaranya adalah dengan menggunakan gas seusai fungsinya dan tidak kebut-kebutan. Kedua hal tersebut juga dapat mencegah motor menjadi boros bensin.

2. Servis secara teratur
Salah satu penyebab borosnya bensin pada motor Anda adalah karena komponen-komponen motor sudah rusak atau kotor. Komponen-komponen seperti klep, busi tidak basah atau hitam, filter udara, kanvas kopling, dan rantai adalah komponen penting yang berhubungan dengan konsumsi bahan bakar motor Anda. Oleh karena itu, servis motor Anda secara teratur adalah solusinya.

3. Ganti oli tepat waktu
Jika oli sudah lama tidak di ganti dan sudah kotor, maka daya kerjanya pun sudah tidak sempurna. Karena itu gantilah oli secara rutin. Karena itu akan membuat mesin lebih enteng serta pembakaran menjadi sempurna. Tentunya jika sudah begitu, konsumsi bensin motor Anda pun akan jauh lebih hemat.

4. Gunakan bensin sesuai karakter motor
Pabrik sebetulnya sudah membuat komposisi ideal antara tipe mesin motor dan jenis bensin. Oleh karena itu, gunakanlah bensin yang sesuai dengan tipe motor Anda. Contohnya jika motor anda bertipe matik, maka dominan lebih baik jika menggunakan bensin jenis Pertamax.

Itulah empat tips untuk mengatasi bensin boros pada motor Anda. Semoga bermanfaat dan keluhan motor Anda bisa segera teratasi.

0 Response to "Cara Mengatasi Bensin Boros pada Motor Agar Hemat"

Post a Comment