Cara Gampang Mengetahui Kerusakan Motor Listrik

Motor listrik merupakan salah satu alternatif kendaraan di era yang modern ini. Motor listrik mungkin lebih baik digunakan untuk transportasi jarak dekat karena tentunya lebih hemat, akibat tidak menggunakan bensin. Tetapi, motor listrik juga ternyata memiliki masalah atau kerusakan jika digunakan secara berlebihan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengetahui kerusakan pada motor listrik. Kerusakan pada motor listrik sendiri biasa disebut troubleshooting dan menyangkut masalah kelistrikan.

Karena memang motor listrik ini sangat bergantung pada komponen-komponen kelistrikan di dalamnya. Tanpa menggunakan bahan bakar, dan hanya tinggal mengecas baterai saja sebenarnya penggunaan motor listrik lebih simpel. Tetapi, ternyata motor listrik justru rentan mengalami kerusakan dan untuk memperbaikinya juga tidak cukup mudah. Oleh karena itu, sama seperti motor biasa, motor listrik juga perlu dilakukan pengecekan. Berikut ini 4 cara mengetahui kerusakan motor listrik yang telah dirangkum dari banyak sumber otomotif:



1. Getaran
Jika motor listrik sudah mengalami getaran yang berlebihan, biasanya mesin motor Anda sudah dalam masalah yang cukup besar. Getaran ini biasanya berpengaruh pada kerusakan pondasi motor, bearing, rotor, dan tentu mesin motor.

2. Sulit starter
Jika motor listrik Anda sulit distarter, biasanya itu tanda jika arus kelistrikan motor Anda mengalami masalah. Hal itu biasanya terjadi karena motor terlalu panas, atau terlalu membawa beban yang berat, dan sistem starter motor yang tidak baik.

3. Motor/mesin kotor
Jika motor listrik terutama pada bagian mesin dan ventilasi kotor, biasanya hal tersebut adalah tanda-tanda motor listrik akan rusak. Hal itu disebabkan karena saluran pendinginan motor dan juga komponen listrik terganggu kinerjanya akibat kotoran dan debu.

4. Mengecek kapasitor
Kapasitor adalah komponen utama penggerak motor listrik. Oleh karena itu, Anda harus sering untuk mengecek kapasitor. Karena jika kumparan-kumparan pada kapasitor sudah tidak baik, maka dipastikan kapasitor akan rusak. Jika kapasitor sudah rusak, tentu motor listrik Anda sudah tidak bisa bekerja.

Itu tadi sejumlah cara untuk mengetahui kerusakan pada motor listrik Anda. Semoga dapat bermanfaat dan Anda bisa lebih merawat serta menjaga kondisi motor listrik yang Anda miliki.

0 Response to "Cara Gampang Mengetahui Kerusakan Motor Listrik"

Post a Comment