Cara Menyetel Rantai Motor Vixion, Supra X, Satria Fu Dan Cbr150r

Rantai kendur atau lepas adalah pengalaman menjengkelkan yang sering dialami pengendara, maka penting bagi Anda mengetahui cara menyetel rantai motor Vixion, Supra X, Satria Fu Dan Cbr150r dengan tangan sendiri dan mudah dikerjakan di rumah. Salah satu bagian motor yang harus sering dirawat adalah rantai motor karena komponen ini akan bekerja jika motor jalan dan juga fungsinya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda.

Ada beberapa penyebab rantai motor kendur atau lepas yaitu :

1. Rantai motor sering menjadi kendur karena beberapa merek motor tidak bisa digas atau akselerasi ekstrem (digeber) mendadak semisal vixion, satria FU, CBR 150R dan Supra X 125. Apabila gas digeber membuat rantai mengalami daya tarik yang begitu besar sehingga cepat kendur dan lama kelamaan menjadi lepas.


Cara Menyetel Rantai Motor Vixion, Supra X, Satria Fu Dan Cbr150r


2. Gear rantai telah menjadi aus akan mempercepat rantai menjadi kendur atau lepas, Anda bisa mengetahui bila gerigi gear itu bila geriginya terlihat sangat lancip atau tidak normal bentuknya.

3. Rantai sudah mengalami pemotongan juga menjadi penyebab utama dari rantai kendur atau lepas, apabila rantai motor sudah dipotong sebanyak 3 kali atau lebih sebaiknya beli yang baru yang sobat.

4. Sepeda motor sering dibuat goncengan atau Over Capacity, bikers tentu tahu rantai akan menarik dengan kuat jika mempunyai muatan yang sangat berat itu karena jarak rantai hinga arm terlalu jauh.

5. Jalanan yang bergelombang, terjal dan berlubang juga mengakibatkan rantai motor cepat lepas ataupun kendur. Medan terjal akan membuat lengan ayun rantai sering naik-turun sehinga cepat menjadi longgar.

6. Motor yang tidak dirawat dengan baik tentu cepat rusak, dan salah satu bagian yang sering rusak adalah rantai. Anda harus sering melakukan cara membersihkan rantai motor menggunakan cairan pembersih rantai dan juga diberikan pelumas rantai (chainlube) sehingga komponen ini lebih awet, tidak modah karatan dan korosi, serta tidak terlalu cepat kendur.

Cara Setel Rantai Motor Yang Benar

Terapkan cara menyetel rantai motor vixion, supra x, CBR 150 R dan Satria FU di bawah ini supaya tidak cepat kendur maupun lepas ya, yaitu :



1. Setel Jarak Main Bebas Lengan Ayun

Perhatikan gambar di atas bahwa jarak main bebas rantai motor perlu untuk disetting karena jika terlalu kendur membuat cepat lepas dan jika terlalu kencang membuat motor sangat berat ketika berjalan atau rantai akan cepat putus.

Pada umumnya beberapa pabrikan motor memberikan guide atau panduan menyetel jarak main bebas rantai motor sekitar 15 mm – 20 mm (2cm). Supaya cara menyetel rantai sepeda motor ini benar dan pas maka parkir dengan jagrak (standard) tengah tengah dan tidak ada beban di atas motor. Ikuti langkah Cara mengencangkan rantai motor berikut ini :

a. Anda mengendurkan mur as roda belakang memakai kunci ring pada umumnya ukuran 14 dan 17.

b. Biker memutar mur setelan rantai memakai kunci ring 10 dengan arah jarum jam hingga jarak main bebas rantai terlihat naik-turun atau kencang-kendur 1,5 cm sampai 3 cm. Supaya praktis bisa menggunakan penggaris mistar.

c. Kemudian Anda memutar roda bagian belakang untuk mengecek apakah rantai tidak terlalu kencang. Sebaiknya cek juga setelan rantai kanan dan kiri sama dengan penggaris mistar.

d. Sobat mengencangkan kembali mur as roda belakang dengan kuncin 14 dan 17.

e. Selanjutnya supaya lebih sempurna bisa diberikan pelumas oli (chain lube).

Oke sobat otomotif Anda bisa ikuti cara menyetel rantai motor yang benar dengan mengikuti beberapa langkah di atas. Kami harap sobat melakukan perawatan dan perbaikan motor kesayangan dengan rajin supaya bagian-bagiannya tidak cepat rusak.

0 Response to "Cara Menyetel Rantai Motor Vixion, Supra X, Satria Fu Dan Cbr150r"

Post a Comment