Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Kurang Dingin

Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Kurang Dingin - berkendara di iklim tropis memang sangat panas sehingga kita membutuhkan Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan udara dalam kendaraan roda empat. Bisa dibayang pengemudi dan penumpang terjebak di kemacetan saat jam 12 siang dan AC tidak menghembuskan hawa sejuk, dipastikan supir dan penumpang akan mengucurkan keringat deras .

Terkadang kita jengkel dengan Air Conditioner di mobil tidak menyemburkan udara dingin malah yang keluar adalah udara hangat yang semakin membuat kita gerah. Blog www.modifikasimotor.ga akan membahas lebih detail cara memperbaiki ac mobil tidak dingin supaya sobat bisa memperbaiki dan mengatasi masalah yang ada pada kendaraan roda 4. 

Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Kurang Dingin


Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Ac Mobil Yang Kurang Dingin

Tidak sedikit AC kendaraan yang mengalami problem semisal mobil dengan merek Katana, Avanza, Timor, Jazz, mobilio dan lainnya. Yuk pelajari tips mengatasi AC mobil yang rusak sebagai berikut :

Pertama, AC yang tidak dingin pada umumnya disebabkan oleh freon atau zat yang berfungsi mendinginkan udara sudah habis, untuk itu terapkan cara mengetahui isi freon ac mobil dengan melihat melalui sight glass pada receiver drier atau pada kondensornya.

Kedua, penyebab AC kurang dingin adalah kompresor AC yang mengalami kebocoran atau kerusakan. Jika Anda mendapati ada oli yang melekat pada dinding kompresor maka itu terjadi kebocoran pada sistem AC. Cara memperbaiki ac mobil yang bocor adalah memeriksa dan menambal kebocoran pada sambungan pipa flexible atau aluminum baik pipa low dan pipa high, atau juga pada shaft compresor dan relief valve.

Apabila terjadi kerusakan pada motor yang berfungsi mengontrol campuran udara maka sarankan untuk menyerahkan pekerjaan sulit ini kepada tukang AC mobil karena akan utak-atik unit HVAC dengan rentang pekerjaan lebih dari 6 jam.

Ketiga, apabila kompresor tidak mengalami bocor atau rusak maka masalah AC yang kurang dingin itu karena kopling kompresor sudah memburuk yang mengakibatkan kinerja kompresor tidak optimal, karena sabuk mudah selip dan seret. 

Kondensor kotor perlu dibersihkan

Keempat, cara memperbaiki ac mobil mati ialah dengan mengecek kondensor AC dengan pemeriksaan secara fisik, kondensor ac yang bocor adalah ketika sahabat menemukan oli yang membasahi komponen ini. Anda juga membentuklkan apakah ada sirip yang tertekuk atau kotoran yang menumpuk padanya, cara membersihkan kondensor AC ialah dengan menggunakan semprotan air selang dan juga udara tekanan tinggi, bisa juga dengan cairan penyemprot khusus kondensor.

Kelima, cara memperbaiki AC mobil yang kurang dingin selanjutnya ialah memeriksa Receiver drier yang mempunyai fungsi menyaring kotoran dan debu supaya tidak masuk ke katup expansi, AC bertipe receiver drier pada umumnya terpisah dari komponen kondensor dan sudah dilengkapi dengan pressure switch dan sight glass.

Periksa apakah ada bekas oli AC pada bagian sambungan IN dan OUT dengan asumsi ada kebocoran di sana, sil yang sudah mengeras juga perlu diganti dan sambungan pipa ac tidak baik perlu diperbaiki.

Lihat pada sight glass di receiver drier, jika Anda melihat ada warna hitam maka sebaiknya receiver drier diganti atau Anda bawa ac mobil kepada tukang servis AC mobil.

Itulah cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin yang bisa dikerjakan sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana, selamat servis kendaraan !

0 Response to "Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Kurang Dingin"

Post a Comment