Cara Bikin Alarm Motor Matic Sederhana Yang Aman

Maling selalu mempunyai trik baru untuk mencuri kendaraan bermotor maka sahabat riders harus selalu update cara bikin alarm motor matic sederhana supaya tidak mudah kemalingan. Tidak jarang kita mendengar saudara dan teman mengalami kecurian sepeda motor kesayangannya, bahkan tidak tanggung-tanggung motor matik yang mempunyai kunci pengaman terbaru pun bisa dibobol dengan mudah oleh para pencuri.

Sebelum Anda membuat alarm motor yang kompleks maka tidak salahnya sebagai newbie kita belajar buat alam motor yang sederhana, asalkan aman dan praktis untuk dikerjakan di rumah sendiri. Setelah Anda berhasil membuat alarm keamanan kendaraan bermotor ini maka silahkan menambahkan bagian-bagian atau komponen yang lebih kompleks lagi.



Cara Membuat Alarm Motor Matic Aman Dengan Tangan Sendiri

Sahabat bikers blog cara otomotif sediakan peralatan elektro untuk pembuatan alam untuk sepeda motor matik ini di antaranya yakni :

1. Obeng (+)

2. Kunci ring 10

3. Tang

4. Solder

5. Gunting atau cuter

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam cara bikin alarm motor matic di antaranya yakni :

1. Timah Solder

2. Saklar ON/OFF berukuran kecil, Anda bisa membelinya di toko elektronik pada harga antara Rp.2.500-Rp.6.000)

2. Kabel pejal berwarna merah untuk arus positif dan warna hitam untuk arus negatif, masing-masing 1 meter.

3. Isolasi

Tahapan Cara Bikin Alarm Motor Sederhana


Cara Bikin Alarm Motor Matic Sederhana


Pertama, kawan otomotif melepaskan bagian body sepeda motor yang terpasang klakson di sana , Anda bisa menemukannya pada bagian tameng depan untuk motor matic Yamaha Mio.

Kedua, selanjutnya setelah komponen klakson ditemukan, sahabat bisa membuat saklar alarm sederhana yakni menyambungkan kabel pada kaki-kaki saklar dengan panjang yang sesuai kebutuhan dan solder dengan timah supaya kuat dan tidak mudah lepas.

Ketiga, setelah proses penyambungan kabel saklar selesai maka sobat sambungkan satu kabel saklar untuk arus negatif kepada body motor, karena body motor itu adalah sumber arus negatif pada kebanyakan motor matic.

Keempat, kabel yang satu lagi Anda sambungkan kepada klakson, jika motor matic mio maka stand by itu positif. Sehingga sobat sambungkan kabel saklar tangan pada kabel warna pink (jika Mio).

Kelima, selanjutnya rapikan kabel-kabel yang telah disambung dan dibungkus dengan isolasi supaya tidak terjadi arus pendek atau konsletting.

Prinsip Kerja Alarm Motor Matic Sederhana

Mungkin Anda berpikir cara bikin alarm motor matic ini sangat sederhana, namun cukup menjaga kendaraan Anda. Semisal jika motor matik ditinggal dan saklar pada posisi ‘ON’, jikalau ada orang membuka kunci kontak dengan segera klakson akan berbunyi keras

0 Response to "Cara Bikin Alarm Motor Matic Sederhana Yang Aman"

Post a Comment