Cara Memasang Sound System Mobil

Cara memasang sound system mobil bisa menjadi jalan alternatif bagi Anda untuk mendapatkan suara yang bagus dan merdu di kendaraan roda empat, sangat bagus apabila sahabat sudah mengenal beberapa komponen elektronika yang akan kita rakit dalam bahasan otomotif kali ini.

Setelah Anda tahu nama dan fungsi serta cara perakitan komponen elektronikan dalam tips memasang sound system mobil maka Anda harus menetapkan berapa budget yang dipersiapkan, dan terakhir kualitas suara yang dinginkan, apakah sangat keras atau sedang ? 

Cara Memasang Sound System Mobil


Oke, langsung saja sobat kita akan memberikan pengetahuan bagaimana cara pasang sound system di mobil agar dapat berfungsi dengan optimal, yakni :

1. Speaker Stereo

Perlu diketahui speaker merupakan komponen utama untuk rangkaian sound system maka sangat disarankan ketika sobat membeli dan memasang speaker stereo maka perhatikan jenis dan merek speaker, ukurannya, bentuknya, penempatan speaker dan kemudian daya yang dibutuhkan.

Beberapa model speaker tidak cocok untuk beberapa jenis mobil maka sahabat harus mencari yang compatible. Kemudian apabila ingin setting sound system pada kualitas Surround Sound dan The Best Quality of Sound maka speaker-speaker harus diinstalasi pada area belakang, depan dan tengah kendaraan roda empat, oke inilah cara membuat sound system mobil yang perlu dipahami dengan baik.

2. Head Unit

Kemudian Anda harus mengerjakan cara memasang sound system mobil dengan membeli head unit dan biasanya sudah dilengkapi dengan amplifier, maka harus dicek apakah kapasitas daya speaker itu sesuai dengan output head unit.

Kemudian beberapa mobil komersial memang sudah dipasang tape standard namun jika ingin kualitas suara lebih baik maka harus diganti dengan head unit yang bagus. Nah saat Anda mengetahui ukuran chassis dashboard supaya head unit dapat muat dipasang. Ukuran head unit biasanya dikategorikan dalam 3 kelompok ukuran yakni besar (2 DIN), sedang (1,5 Din) dan kecil (DIN).

Kami sarankan Anda juga memilih fasilitas atau feature yang diinginkan saat membeli head unit yaitu Equalizer, CD, DVD, Tape Video Screen, DivX, MP3, MP4 dan lain-lain.

3. Amplifier

Kebanyakan head unit sudah ada built-in amplifier yang mempunyai kekuatan 50 watts per-channel sehingga Anda perlu meningkatkan output suara supaya lebih kencang dan mantap. External amplifier diperlukan supaya Anda dapat mengatur frekuensi mid-range, treble dan bass.

4. Sub-Woofer

Terakhir supaya cara memasang sound system mobil menghasilkan suara yang merdu harus dilengkapi dengan sub-woofer yang membutuhkan daya cukup tinggi dibandingkan speaker jenis yag lainn. Pada umumnya pemilik mobil suka sub-woofer ditaruh pada area belakang atau bagasi yang berdiameter 8 inci sampai dengan 12 inci atau lebih besar.

0 Response to "Cara Memasang Sound System Mobil"

Post a Comment