Cara Cepat Ganti Oli Mesin Mobil Avanza

Mobil Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia banyak memilih mobil buatan salah satu produsen asal Jepang tersebut karena beberapa faktor, termasuk faktor desain, kualitas mesin dan  harga yang memang cukup seimbang dan cocok untuk dimiliki sebuah keluarga. Soal perawatan, termasuk ganti oli untuk mobil toyota Avanza cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. Adapun soal perawatan ganti oli ini sangatlah perlu dilakukan secara berkala dan rutin agar mesin tetap terjaga dan awet dalam waktu yang lama, dan juga bisa dikerjakan sendiri dalam melakukan perawatan mesin tersebut. Berikut cara ganti oli mesin mobil Avanza yang cukup simpel untuk dilakukan sendiri di rumah;

-          Langkah pertama dalam mengganti oli mesin mobil adalah menyiapkan dahulu minyak oli pengganti. Dalam mengganti oli mesin mobil Avanza, Anda bisa menggunakan satu liter oli mesin kelas ekonomi dengan label SAE 20W-50 atau 15W-40 untuk membilas mesin mobil.

-          Setelah itu, Anda bisa melakukan proses penggantian oli pada mesin mobil. Buanglah oli lama yang ada dimesin tersebut dengan membuka katupnya terlebih dahulu. Buang oli kotor tersebut sampai benar-benar habis. Kemudian tuangkan satu liter oli mineral (SAE 20W-50) ke dalam mesin dengan katup yang masih terbuka guna mendorong sisa-sisa oli yang masih melekat pada mesin. Lalu tuangkanlah oli baru ke mesin sebanyak 200-300cc saja untuk mendorong oli mineral yang kita masukkan tadi hingga keluar semua. Dalam proses pembuangan ini, sebaiknya hati-hati dalam meniup karter dengan kompressor angin karena terkadang angin kompressor tersebut mengandung air. Dengan kata lain, pastikan dahulu angin kompressor tidak mengandung air ketika digunakan.

-          Setelah yakin tak ada lagi aliran oli yang kita tuangkan tadi dari katup lubang pembuangannya, maka tutup kembali lubang tersebut. Kemudian kita mulai bisa mengisinya dengan oli baru. Sebaiknya jangan terlalu penuh dalam mengisinya. Disarankan dalam mengganti oli ini diikuti oleh penggantian filter olinya agar kinerja pelumasan mesinnya menjadi maksimal.


Itulah tips cara-cara ganti oli mesin mobil Avanza yang cukup simpel yang dapat Anda dilakukan sendiri di rumah selaku pemilik mobil. Cukup sederhana, bukan?

0 Response to "Cara Cepat Ganti Oli Mesin Mobil Avanza"

Post a Comment