Cara Memperbaiki Sepeda Motor Mogok

Keahlian akan cara memperbaiki sepeda motor mogor hendaknya dimiliki oleh pengendara motor. Apalagi jika motor yang digunakan adalah motor tua misalkan vespa atau motor tua jenis lain. Motor tua lebih rawan mogok, bukan karena apa-apa namun memang karena usia motor dan kerja mesin sudah tidak maksimal.

Kawan otomotif harus pandai dalam tips mengatasi motor mogok karena banjir karena sebentar lagi musim hujan datang, akan menjadi hal buruk apabila sepeda motor yang dikendarai sering kali berhenti mendadak sehingga aktifitas Anda pun terganggu semisal terlambat bekerja dan kuliah, mengatar barang yang telat dan lainnya.


Sebelum kita ulas cara mengatasi motor mogok di jalan perlu diketahui motor baru pun bisa saja mogok. Banyak sekali faktor yang menyebabkan motor mogok tiba-tiba, penyebab sepeda motor mogok yang biasa dialami bikers :

1. Bahan bakar habis

Pentingnya mengecek bahan bakar adalah untuk menghindari motor mogok. Sebab ada beberapa jenis motor mungkin yang penunjuk tangkinya tidak berfungsi. Maka pengguna sebaiknya mengecek terlebih dahulu bahan bakar masih cukup atau tidak. Dikhawatirkan jika motor tiba-tiba mogok di tempat yang jauh dari penjual bahan bakar.

2. Tidak ada pengapian dan kompresi

Jika penyebab pertama sebenarnya bisa diantasipasi oleh pengguna. Berbeda dengan penyebab yang kedua adalah tidak ada pengapian pada motor. Tidak ada pengapian ini disebabkan oleh busi yang tidak berfungsi. Untuk menghindari hal tersebut terjadi lakukan pengecekan mesin secara rutin.

3. Mesin Kemasukan Air

Apabila mesin kemasukan air maka proses pengapian menjadi terganggu dan tidak ada percikan api pada silinder mesin sehingga ketika distarter berkali-kali pun maka motor tetap mogok

Cara memperbaiki sepeda motor mogok
Jika motor Anda mogok segeralah cari tahu apa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dengan mudah Anda mengatasi masalah. Berikut langkah-langkah yang harus Anda cek ketika motor ANda mogok

1. Cek bahan bakar

Sejalan dengan penyebab yang pertama. Jika motor Anda mogok segera cek bahan bakar. Bahan bakar tidak mungkin begitu saja habis. Bahan bakar menjadi bahan utama agar mesin motor Anda berfungsi. Maka jangan sampai lalai mengisi bahan bakar.

2. Cek pengapian pada busi

Hal yang kedua adalah mengecek pengapian pada busi. Busi adalah komponen kecil pada mesin motor. Namun fungsinya sangat besar yakni menimbulkan pengapian. Cek busi pada kondisi motor off. Sebab jika motor dalam kondisi on bisa terjadi pengapian atau percikan api.

3. Cek pengapian pada SDI

Jika pada busi masih belum ditemukan masalah maka lakukan pengecekan pengapian pada SDI. Caranya starter motor jika SDI mengeluarkan percikan api berarti tidak ada masalah. Jika tidak segera lakukan penggantian pada SDI.

Demikian beberapa penyebab dan cara memperbaiki sepeda motor mogok. Maka sebelum berkendara periksalah beberapa hal penting seperti yang telah disampaikan di atas. Apalagi jika Anda akan berkendara jarak jauh, sebaiknya Anda juga belajar cara memperbaiki motor mogok.

0 Response to "Cara Memperbaiki Sepeda Motor Mogok"

Post a Comment