Cara Mutasi Mobil Dari Batam Yang Legal

Pada umumnya orang melakukan mutasi mobil dikarenakan pindah rumah atau lokasi pekerjaan. Dengan melakukan mutasi mobil dari tempat asal ke tempat yang dituju akan lebih memudahkan segala urusan transportasi di tempat tujuan dan tidak akan berurusan dengan masalah hukum nantinya.


Mutasi mobil ini bermanfaat bagi orang yang memang selalu membawa mobil sendiri dalam kesehariannya. Apabila Anda ingin melakukan mutasi mobil dari Batam ke Jakarta, maka itu berarti memakai sistem syarat dan tata cara mutasi antar provinsi. Berikut cara mutasi mobil dari Batam ke Jakarta;

1.       Lengkapi persyaratannya
Persyaratan umum yang harus disiapkan dalam mutasi mobil adalah;
  • BPKB
  • STNK
  • Cek Fisik mobil
  • Kwitansi Jual Beli mobil bermaterai
  • KTP pemilik mobil
2.       Datang ke kantor Samsat provinsi Batam
Ini harus berdasarkan pada buku kendaraan mobilnya. Dan di kantor ini dibolehkan menanyakan tentang hal-hal yang terkait pada petugas dan melakukan cek fisik mobil yang sebelumnya dilegalisir terlebih dulu oleh petugas.

3.       Daftar ke loket bagian mutasi provinsi DKI Jakarta
Di loket ini, serahkan semua berkas yang sudah dikerjakan di kantor Samsat Batam, termasuk berkas legalisir cek fisik bantuan mobil. Lalu tunggu berkas baru yang dikeluarkan di loket ini.  Begitu keluar lalu daftarkanlah mutasi kendaraan mobilnya.

4.       Kembali ke kantor Samsat provinsi Batam
Setelah daftar mutasi mobilnya, kita kembali ke kantor Samsat Batam untuk pengambilan Fiskal dan arsip kendaraan mobil mutasinya.

5.       Pergi ke kantor Samsat provinsi DKI Jakarta
Setelah mengambil fiskal dan arsip mobil di Kantor Samsat Batam, lalu daftarkan mutasi mobil itu ke daerah tujuan, dalam hal ini Jakarta dengan menyerahkan berkas-berkas yang sudah kita  dapatkan dari kantor samsat Batam.

Adapun tentang persyaratan umum dan tata cara mutasi mobil tersebut tentu saja berdasarkan peraturan dari Polda Metro Jaya hingga informasi ini dapat berguna bagi Anda yang memang hendak melakukan mutasi mobil karena beberapa keperluan penting. Demikianlah bahasan tentang tata cara mutasi mobil dari Batam ke Jakarta dalam artikel ini. Salam otomotif!

0 Response to " Cara Mutasi Mobil Dari Batam Yang Legal"

Post a Comment